education center

Aliran Psikologi Tingkah Laku

Sebelum kita mempelajari aliran psikologi tingkah laku,akan lebih baik kiranya jika kita pelajari dulu pengertian psikologi belajar mengajar, yang sifatnya masih umum. Hal ini akan membantu pemahaman terhadap materi selanjutnya yang bersifat lebih khusus.

Psikologi Belajar atau disebut juga dengan teori Belajar adalah teori yang mempelajari perkembangan intelektual(mental)siswa. Didalamnya terdiri atas dua hal yaitu:

  1. Uraian tentang apa yang terjadi dan diharapkan terjadi pada intelektual anak dan
  2. Uraian tentang kegiatan intelektual anak mengenai hal-hal yang bisa dipikirkan pada usia    tertentu.

Psikologi mengajar atau Teori Mengajar berisi tentang petunjuk bagaimana semestinya mengajar siswa pada usia tertentu,bila ia sudah siap belajar. Jadi pada teori mengajar terdapat prosedur dan tujuan dalam mengajar. Pada pelaksanaan nya kedua teori tersebut tidak bisa dipisahkan,seperti halnya kita belajar dan mengajar. Peristiwa mengajar selalu disertai dengan peristiwa  belajar,ada guru yang mengajar maka haruslah ada pula siswa yang mengajar,sebab belajar bisa dilakukan secara sendiri. Oleh karena itu yang kita pakai adalah ungkapan kata belajar mengajar,yang didahulukan peristiwa ,agar siswa bisa mandiri sesuai dengan semboyan pendidikan yaitu “Tut Wuri Handayani “. Jadi dalam peristiwa belajar mengajar ,siswa merupakan  subjek dan bukan objek.Selanjutnya peristiwa belajar mengajar ini, sesuai dengan istilah dalam kurikulum akan disebut pembelajaran, yang berkonotasi pada proses kinerja yang sinergi antara setiap komponennya.

Dengan menguasai psikologi pembelajaran,guru bisa mengetahui kemampuan yang telah dimiliki siswa dan bagaimana proses berfikirnya. Disamping itu ia mengetahui pula tentang bagaimana menciptakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa dan tujuan pengajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *