Indikator Komunikasi Matematika
Kemampuan Komunikasi Lisan
Sesuai yang dikemukakan Suzana dalam Afifah ( 2011 : 15 ) indikatornya adalah :
- Menjelaskan kesimpulan yang diperoleh
- Menafsirkan solusi yang diperoleh
- Memilih cara yang paling tepat dalam menyampaikan penjelasannya
- Menggunakan tabel, gambar, model untuk menyampaikan penjelasan
- Mengajukan suatu permasalahan/persoalan
- Menyajikan penyelesaian suatu permasalahan
- Merespon suatu pertanyaan dari siswa lain dalam bentuk argumen yang meyakinkan
- Menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide, simbol, istilah serta informasi matematika.
- Mengungkapkan lambang, notasi dan persamaan matematika secara lengkap dan benar.
Kemampuan Komunikasi Tulisan
Menurut Ross dalam Nurlaelah (2009:25 ) indikatornya adalah :
- Menggambarkan situasi masalah dan menyatakan solusi masalah menggunakan gambar, bagan, tabel atau penyajian secara aljabar.
- Menyatakan hasil dalam bentuk tulisan
- Menggunakan representasi menyeluruh untuk menyatakan konsep matematika dan solusinya.
- Membuat situasi matematika dengan menyediakan ide dan keterangan dalam bentuk tulisan
- Menggunakan bahasa matematika dan simbol secara tepat.