Evaluasi
Evaluasi berasal dari kata evaluation yang berarti suatu proses yang sistematik dan sinambung, untuk mengetahui sampai sejauh mana efisiensi kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dan efektifitas pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai, yaitu penilaian terhadap data yang dikumpulkan, bisa berupa tugas-tugas maupun hasil ujian tertulis (bidang kognitif), minat, motivasi, emosional, sikap (bidang afektif) maupun keterampilan, gerak, tindakan (bidang psikomotor).
Pembelajaran merupakan sistem yang terdiri atas unsur masukan, proses, keluaran/hasil, maka terdapat tiga jenis evaluasi sesuai dengan sasaran evaluasi pembelajaran, yaitu evalusai masukan, evaluasi proses, dan evaluasi keluaran/hasil pembelajaran.
Evaluasi masukan pembelajaran menekankan kepada evaluasi karakteristik peserta didik, kelengkapan dan keadaaan sarana dan prasarana pembelajaran, karakteristik dan kesiapan guru, kurikulum dan materi pembelajaran, stratetgi pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran serta situasi dan kondisi lingkungan dimana kegiatan pembelajaran diselenggarakan.
Evaluasi proses pembelajaran menekankan pada evaluasi pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh siswa meliputi keefektifan strategi pembelajaran yang dilaksanakan, keefektifan media pembelajaran, cara mengajar, minat, sikap sesrta cara belajar siswa.
Evaluasi hasil pembelajaran menggunakan tes untuk melakukan pengukuran hasil belajar sebagai prestasi belajar, dalam hal ini penguasaan kompetensi oleh setiap siswa.
Leave a Reply