education center

Mengevaluasi Portofolio

1.      Mengevaluasi Portofolio

Penilaian portofolio siswa memberikan kesempatan bagi para guru dan siswa untuk masuk ke dalam sebuah dialog tentang apa yang telah dipelajari siswa dan seberapa baik portofolio menunjukkan pertumbuhan keterampilan pengetahuan. Portofolio dapat diberi nilai, tapi kalau tujuannya adalah untuk memberikan penilaian pekerjaan siswa, kemudian komentar guru akan lebih baik daripada nilai. Formulir disediakan untuk membantu dalam memberikan masukan tertulis kepada siswa. Dalam penilaian portofolio, guru harus ingat bahwa lembar kerja dalam portofolio telah dipilih oleh siswa sebagai representasi dari upaya mereka yang terbaik. Dengan demikian, portofolio adalah pada dasarnya merupakan evaluasi diri oleh siswa yang telah menciptakannya.

Tujuan guru dalam menilai dengan portofolio adalah untuk membantu siswa memperoleh wawasan aditional menjadi kinerja matematika-nya pada tugas-tugas dipamerkan dalam portofolio. Wawasan ini akan melibatkan bahwa pertumbuhan siswa dalam memahami matematika, kemajuan dalam menggunakan pendekatan penghargaan dan prosedur dalam pemecahan masalah, pertumbuhan pribadi dalam kebiasaan kerja dan sikap, dan kemampuan untuk berkomunikasi pertumbuhan ini melalui portofolio.
Idealnya, guru menetapkan kriteria penilaian yang bisa dibagi dengan siswa. Dengan demikian, kriteria pendirian dan menilai portofolio yang dikenal baik oleh guru dan siswa. Kriteria inilah yang membentuk dasar untuk komentar penilaian guru membuat pada bekerja di portofolio. Dalam menciptakan portofolio, siswa kemudian mengikuti kriteria yang ditetapkan oleh guru. Pekerjaan dipilih untuk mewakili kemajuan menuju tujuan-tujuan penting dari instruksi.

Salah satu cara penilaian portofolio, atau pembuatan rubrik, adalah cara dengan menggunakan kriteria berikut.

1.      Bukti terjadinya proses berpikir.

  • Apakah siswa telah menyusun dengan rapi satuan-satuan isi portofolio dan data dalam setiap satuan itu?
  • Apakah siswa telah berusaha membuat dugaan, menjelajah, menganalisis, mencari pola, dan sebagainya?
  • Apakah siswa telah menggunakan materi konkret atau gambar untuk menafsirkan dan memecahkan masalah, atau untuk memperoleh hasil penyelidikannya?
  • Apakah siswa telah menggunakan alat bantu lain dalam pemecahan masalah atau penyelidikannya?
  • Mutu kegiatan atau penyelidikan
    1. Apakah kegiatan atau penyelidikan oleh siswa yang dilaporkan dalam portofolio meningkatkan pengetahuan atau pemahaman siswa tentang konsep atau kaidah tertentu?
    2. Apakah kegiatan membuat portofolio meningkatkan keterampilan siswa dalam menggunakan konsep, cara, atau kaidah tertentu?
    3. Apakah kegiatan membuat portofolio meningkatkan sikap siswa terhadap pelajaran yang bersangkutan?
    4. Apakah kegiatan atau penyelidikan itu melibatkan beberapa subpokok bahasan?
  • Keragaman pendekatan
    1. Apakah ada petunjuk yang kuat atau bukti bahwa siswa menggunakan berbagai pendekatan dalam memecahkan masalah?
    2. Apakah ada petunjuk yang kuat atau bukti bahwa siswa melakukan berbagai macam kegiatan atau penyelidikan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *