education center

Portofolio

Portofolio adalah kumpulan pekerjaan siswa yang representatif untuk menunjukkan perkembangan kemampuan siswa dari waktu ke waktu. Portofolio bercerita tentang kegiatan siswa dalam matematika. Fokus mereka adalah pada pemecahan masalah, berpikir dan memahami, menulis, komunikasi, koneksi matematika, dan pandangan siswa terhadap diri mereka sebagai pembelajar matematika.

1.      Macam-macam Portofolio

Ada 3 macam portofolio, yaitu :

  • Portofolio perkembangan

Portofolio perkembangan adalah portofolio yang sengaja dikumpulkan untuk melihat perkembangan siswa dalam area tertentu. Misalnya perkembangan kemampuan siswa dalam membuat laporan praktikum.

  • Portofolio pamer

Portofolio pamer adalah hasil kerja terbaik siswa yang bertujuan untuk dipamerkan pada saat tertentu. Misalnya saat sekolah melakukan pertemuan dengan orang tua, mengadakan pameran, dan sebagainya.

  • Portofolio komprehensif

Portofolio komprehensif adalah portofolio keseluruhan dari hasil karya siswa yang didokumentasi menurut tujuan tertentu.

Sebagai instrumen penilaian, portofolio difokuskan pada dokumen tentang kerja siswa yang produktif, yaitu ‘bukti’ tentang apa yang dapat dilakukan oleh siswa, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh siswa. Bagi guru, portofolio menyajikan wawasan tentang banyak segi perkembangan siswa dalam belajarnya: cara berpikirnya, pemahamannya atas pelajaran yang bersangkutan, kemampuannya mengungkapkan gagasan-gagasannya, sikapnya terhadap mata pelajaran yang bersangkutan, dan sebagainya.  Portofolio penilaian bukan sekedar kumpulan hasil kerja siswa, melainkan kumpulan hasil siswa dari kerja yang sengaja diperbuat siswa untuk menunjukkan bukti tentang kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu.  Portofolio juga merupakan kumpulan informasi yang perlu diketahui oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan pembelajaran, atau peningkatan belajar siswa.

Portofolio siswa untuk penilaian merupakan kumpulan produksi siswa, yang berisi berbagai jenis karya seorang siswa, misalnya:

  1. Hasil proyek, penyelidikan, atau praktek siswa, yang disajikan secara tertulis atau dengan penjelasan tertulis.
  2. Gambar atau laporan hasil pengamatan siswa, dalam rangka melaksanakan tugas untuk mata pelajaran yang bersangkutan
  3. Analisis situasi yang berkaitan atau relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan
  4. Laporan hasil penyelidikan tentang hubungan antara konsep-konsep dalam mata pelajaran atau antar mata pelajaran
  5. Penyelesaian soal-soal terbuka
  6. Hasil tugas pekerjaan rumah yang khas, misalnya dengan cara yang berbeda dengan cara yang diajarkan di sekolah, atau dengan cara yang berbeda dari cara pilihan teman-teman sekelasnya
  7. Laporan kerja kelompok
  8. Hasil kerja siswa yang diperoleh dengan menggunakan alat rekam video, alat rekam audio, dan komputer.
  9. Fotokopi surat piagam atau tanda penghargaan yang pernah diterima oleh siswa yang bersangkutan.
  10. Cerita tentang kesenangan atau ketidaksenangan siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan.
  11. Cerita tentang usaha siswa sendiri dalam mengatasi hambatan psikologis, atau usaha peningkatan diri, dalam mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan.
  12. Laporan tentang sikap siswa terhadap pelajaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *